Minggu, 12 Juni 2011

'Kill Me Fast' Terunik Dari Ducati

Nafas sporty sebuah Ducati mempesona siapa saja. Bahkan ketika motor ini membawa seseorang mempertaruhkan nyawa ketika mengebut di jalan, bukannya menimbulkan rasa takut tapi malah melahirkan sebuah inspirasi seni.

Hal inilah yang terjadi pada seniman Kristian von Hornsleth ketika membuat seni lukis kontemporer di tubuh Ducati 1098 dan 1198. Namanya pun cukup sangat yakni 'Kill Me Fast.'

Ada 10 desain seni yang dicoretkan Hornsleth di tubuh motor asal Italia tersebut. Sekilas saja memandang, desain-desain yang sangat berani bermain warna ini pasti akan memikat mata.


"'Anda tidak merasakan apa-apa saat Anda mencapai 320 km perjam,' kata penjual ketika saya bertanya apakah tidak berbahaya naik motor sekencang itu. Lalu aku bertanya-tanya mengapa saya sendiri sangat terpesona oleh hubungan antara desain Italia yang luar biasa dan teknologi mesin yang unggul," cerita Hornsleth seperti detikOto kutip dalam situs resminya, Minggu (12/6/2011).

"Justru ini perpaduan antara keindahan, kecepatan dan kematian, yang mengilhami saya untuk memasukkan 'scuplture' ini dalam karya seni saya. Garis dan bentuk berinteraksi dalam upaya 'futilistic' untuk menyelidiki dan menantang logika yang diberikan dari desain Ducati," tambahnya.

Ducati 1098 maupun 1198 sendiri merupakan sebuah motor sportbike yang memiliki lekuk tubuh indah ala sebuah superbike. Namun keindahan tubuh ini menyimpan amarah dari sebuah mesin yang ganas.

Di 1098 terselip sebuah mesin L-twin cylinder, 4 valve per cylinder Desmodromic, liquid cooled yang memiliki kapasitas 1.099 dengan rasio boreXstroke 104x64,7 dan rasio kompresi 12,5:1.

Dari mesin tersebut dapat tersembur tenaga hingga 160 hp di 9.750 rpm dengan torsi 123 Nm di 8.000 rpm. Itu untuk Ducati 1098 tipe standar dan S. Sementara untuk Ducati 1098 R terselip mesin 1.198,4 cc yang lebih ganas yakni mesin berkekuatan 177,6 hp dengan torsi 134 Nm.

Sedangkan Ducati 1198 adalah suksesor alias dari Ducati 1098. Motor ini memiliki tenaga yang tegas dengan tubuh yang lebih fresh.

Dalam dapur pacunya terkandung mesin V-twin, 4 valve per cylinder Desmodromic, liquid-cooled berkapasitas 1.198,4 cc. Mesin ini memiliki perbandingan boreXstroke 106×67.9 mm dengan rasio kompresi 12.7:1 untuk tipe standar dan S dan 12.8:1 untuk Ducati 1198 R.

Mesin motor Italia ini diklaim mengandung tenaga hingga 170 hp yang dapat terkail di putaran mesin 9.750 rpm dengan torsi 132 Nm di 8.000 rpm. Itu untuk tipe standar dan S. Sedangkan untuk Ducati 1198 diklaim memiliki tenaga 180 hp dengan di 9.750 rpm dengan torsi 134,4 Nm di 7.750 rpm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar